Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Abdya

Riski Alfata, 180206099 (2023) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Abdya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Abdya] Text (Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Abdya)
Riski Alfata, 180206099, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36MB)

Abstract

Prestasi belajar siswa dikategorikan penting karena merupakan indikator dalam proses memajukan kualitas lembaga pendidikan. Adanya prestasi belajar membuat siswa, guru, orang tua serta kepala sekolah dapat melihat sekaligus memantau perkembangan belajar siswa/anaknya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya; 2) Peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya; 3) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah adalah meningkatkan sistem perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi terhadap sekolah, kerja sama yang baik dengan seluruh guru dan staf, membuat kebijakan-kebijakan yang dianggap mampu mendongkrak sistem pendidikan; 2) Peningkatan prestasi belajar siswa adalah dengan terus memberikan semangat dan motivasi baik kepada guru, staf karyawan dan juga kepada siswa, menyiapkan seluruh sarana dan prasarana yang memadai dengan didukung oleh kelengkapan belajar; 3. Faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi siswa adalah sistem kerja sama dan profesionalitas dan melaksanakan tugas, dukungan sarana dan prasarana serta kepedulian kepala sekolah terhadap perkembangan sistem pendidikan di sekolah serta dukungan dari pihak-pihak terkait dalam mendukung sistem program yang dilaksanakan di sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah masih kurang terjalinnya hubungan dengan orang tua siswa terutama orang tua siswa yang lokasi rumah jauh dari sekolah, sehingga pihak sekolah tidak dapat melakukan pengawasan langsung terhadap perkembangan siswa, selain itu adanya sebagian siswa yang kadang-kadang masih melanggar aturan-aturan dan kebijakan sekolah sehingga membuat guru kewalahan dalam usaha meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riski Alfata
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:32
Last Modified: 15 Dec 2023 07:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34102

Actions (login required)

View Item
View Item