Analisis Dampak Pemekaran Daerah di Kabupaten Simeulu

Aulia Rahmad, 160801039 (2022) Analisis Dampak Pemekaran Daerah di Kabupaten Simeulu. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis, Pemekaran Daerah, Pelayanan Publik, Sosial Ekonomi.] Text (Analisis, Pemekaran Daerah, Pelayanan Publik, Sosial Ekonomi.)
Aulia Rahmad, 160801039, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pemekaran daerah merupakan peroses pembentukan wilayah adminisratif baru dari weilayah yang sudah ada. Dampak dari pemekaran daerah sangat luas dan beragam,yang melibatkan beberapa aspek bidang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pemekaran daerah terhadap bidang pelayanan publik atau sosial ekonomi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa pemekaran daerah memeiliki dampak pada bidang pelayanan publik dan sosila ekonomi. Dampak pemekaran daerah juga dapat menghadirkan tantangan ekonomi dimana di Kabupaten Simeulue dari tahun 2018-2022. Pemekaran daerah juga dapet berdampak pada pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak pemekaran daerah di Kabupaten Simeulue secara menyeluruh di bidang pelayanan publik dan sosial ekonomi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sebagai landasan untuk mengembangkan kebijakan yang lebih baik dalam melaksanakan pemekaran daerah, dengan memepertimbangkan dampak yang berpotensi terjadi pada berbagai sktor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Aulia Rahmad Rahmad
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:53
Last Modified: 15 Dec 2023 07:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34108

Actions (login required)

View Item
View Item