Evaluasi Pelayanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Peraturan Kepala (PERKA) Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017 (Studi Kasus Di Perpustakaan SMA N 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya)

Nuraini Husdar, 160503016 (2023) Evaluasi Pelayanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Peraturan Kepala (PERKA) Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017 (Studi Kasus Di Perpustakaan SMA N 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Pelayanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Peraturan Kepala (Perka) Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017  (Studi Kasus di Perpustakaan SMA N 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya)] Text (Evaluasi Pelayanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Peraturan Kepala (Perka) Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017 (Studi Kasus di Perpustakaan SMA N 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya))
Nuraini Husdar, 160503016, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Evaluasi Pelayanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Peraturan Kepala (Perka) Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017 (Studi Kasus di Perpustakaan SMA N 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Seunagan dan apakah pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Seunagan sudah sesuai dengan peraturan kepala perpustakaan Nasional No 12 tahun 2017. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Seunagan dan untuk mengevaluasi apakah pelayanan perpustakaan sudah sesuai dengan peraturan kepala perpustakaan Nasional No 12 tahun 2017.. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala dan pengelola perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Seunagan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Perka nomor 12 Tahun 2017 tentang standar pelayanan perpustakaan terdapat sembilan standar pelayanan yang harus dijalankan di sekolah, akan tetapi tidak semua standar pelayanan tersebut sudah dijalankan di SMA Negeri 3 Seunagan. Hanya 3 Standar pelayanan yang sudah dijalankan antara lain: Jam pelayanan perpustakaan, jenis pelayanan perpustakaan yang meliputi (pelayanan sirkulasi; pelayanan referensi; dan Pelayanan literasi informasi), dan laporan perpustakaan. Enam standar pelayanan yang belum dijalankan di perpustakaan SMA Negeri 3 Seunagan antara lain: Program wajib baca di perpustakaan, Program pendidikan pemustaka, Program literasi informasi, Promosi perpustakaan, Kerja Sama dan Integrasi dengan kurikulum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelayanan, Peraturan Kepala (Perka) Perpustakaan Nasional.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nuraini Husdar
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:59
Last Modified: 18 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item
View Item