Analisis Metode Demonstrasi Tentang Materi Tajhiz Mayit Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar

Maulidia, 190201003 (2023) Analisis Metode Demonstrasi Tentang Materi Tajhiz Mayit Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Metode Demonstrasi Tentang Materi Tajhiz Mayit Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar] Text (Analisis Metode Demonstrasi Tentang Materi Tajhiz Mayit Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar)
Maulidia, 190201003, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Guru harus menguasai berbagai teknik atau metode pengajaran yang tepat. Demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang efektif karena bersifat praktik. Adapun materi tentang Tajhiz Mayit ini diperlukan aplikasi langsung atau praktik langsung tidak sekedar mendengar dari guru melalui penyampaian ceramah. Dalam pembelajaran fiqih khususnya dalam materi tajhiz mayit apabila guru tidak menguasai materi dan juga metode apa yang sesuai untuk dijelaskankan mengenai materi tersebut, maka hasil yang akan dicapai dalam pembelajaran tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karenanya, peneliti perlu mengadakan analisis tentang metode apa yang sesuai diterapakan guru kepada siswa tentang materi tajhiz mayit. Tujuan dalam penelitian ini untuk cara mengalisis, faktor penghambat dan solusi dari pelaksanaan metode demonstrasi tentang materi tajhiz mayit dalam pembelajaran fiqih di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini di MAN 4 Aceh Besar terdapat kelompok bimbingan khusus tajhiz mayit yang dibimbing langsung oleh guru Fiqih. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi tajhiz mayit adalah keterbatasan waktu, kekurangan alat peraga, dan terdapat perbedaan penjelasan materi tentang tajhiz mayit antara laki-laki dan perempuan. Solusinya yaitu adanya kerjasama yang baik dari guru fiqih dan siswa serta mengadakan perlombaan tentang tajhiz mayyit. Penerapan metode demonstrasi tentang materi tajhiz mayit dalam pembelajaran fiqih di MAN 4 Aceh Besar berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidia Maulidia
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:58
Last Modified: 18 Dec 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34117

Actions (login required)

View Item
View Item