Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Asal Aceh Tenggara Di Banda Aceh

Chairul Abdi Musni, 170901001 (2023) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Asal Aceh Tenggara Di Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Asal Aceh Tenggara Di Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Asal Aceh Tenggara Di Banda Aceh)
Chairul Abdi Musni, 170901001, FPS, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berbagai kesulitan yang dialami mahasiswa selama mengerjakan skripsi memberikan tekanan pada mahasiswa. Fenomena ini dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis mahasiswa dalam menyusun skripsi. yang biasa dialami mahasiswa adalah terganggunya kesejahteraan psikologis akibat tekanan hidup sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa Aceh Tenggara tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas skripsi di Banda Aceh. Penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. kecerdasan emosi dalam penelitian ini diukur menggunakan dimensi-dimensi yang dikemukakan oleh Goleman (2006). Sedangkan skala kesejahteraan psikologis dalam penelitian ini diukur menggunakan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Ryff (1986). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified random sampling sebanyak 161 mahasiswa. Berdasarkan analisis uji hipotesis data maka diperoleh hasil koefesien korelasi sebesar 0,601, dengan p = 0.00, yang menunjukkan bahwa ada terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menulis skripsi asal aceh tenggara di banda aceh, artinya apabila kecerdasan emosi tinggi maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis kemudian sebaliknya apabila kecerdasan emosi rendah maka rendah pula kesejahteraan psikologisnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Chairul Abdi Musni
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:53
Last Modified: 19 Dec 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item
View Item