Peran Guru PAI Dalam Membina Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar

Julia Santika, 190201144 (2023) Peran Guru PAI Dalam Membina Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Julia Santika, 190201144 (2023), Peran Guru PAI Dalam Membina Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar.pdf] Text
Julia Santika, 190201144 (2023), Peran Guru PAI Dalam Membina Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikiran, raga, serta rasa dan karsa. Motivasi dari guru pada umumnya dan guru PAI khususnya merupakan hal yang penting dan dibutuhkan untuk mendorong keinginan manusia agar menjadi lebih baik. Kedisplinan yang semakin menurun dalam hal ketepatan dan juga masalah ketertiban. kemudian masalah tanggung jawab dalam hal melakukan sesuatu atas dasar dirinya sendiri dan mampu menanggung resiko ketika berbuat suatu kesalahan. Kedua karakter ini adalah sebuah proses pendukung dalam hal keberhasilan suatu pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran guru PAI dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian yaitu wakil kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru PAI dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik yaitu guru sebagai pemimpin, penggerak, edukator, tutor, dan penasihat/motivator. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik yaitu faktor orang tua, guru, teman sebaya dan lingkungan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah ketika karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik telah melekat dengan baik maka suatu proses pembelajaran pun akan sangat mudah dan efektif. Namun jika sebaliknya maka proses pembelajaran pun tidak akan berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Julia Santika
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:13
Last Modified: 19 Dec 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34136

Actions (login required)

View Item
View Item