Pengaruh Bauran Pemasaran (Mix Marketing) Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Merek Lokal Dalam Perspektif Syariah (Studi Di CFFND Store, Banda Aceh)

Muhammad Azizi, 170602169 (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran (Mix Marketing) Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Merek Lokal Dalam Perspektif Syariah (Studi Di CFFND Store, Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Produk,  promosi,  keputusan  pembelian,  regresi liear berganda] Text (Produk, promosi, keputusan pembelian, regresi liear berganda)
Muhammad Azizi, 170602169, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Saat ini Indonesia memiliki berbagai brand fashion sendiri karya anak bangsa yang di jual baik online maupun offline. Perkembangan berbagai brand fashion menjadikan persaingan dibidang dunia bisnis semakin maju di era globalisasi ini. Strategi marketing mix menarik di lihat dalam perspektif syariah, Menurut Kotler dan Armstrong (2016) Bauran pemasaran (marketing mix) mencakup empat (4) hal pokok dan dapat dikontrol oleh perusahaan yang meliputi produk (product), harga (price), Lokasi (place), promosi (promotion). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh produk, harga, peromosi, lokasi/tempat secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pakaian merek lokal di CFFND Store Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada pelanggan CFFND Store, kemudian data dioleh menggunakan metode analisis regresi linear berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menggunakan regeresi linear berganda menunjukkan pengaruh yang diberikan oleh variabel produk (X1) sebesar 0,305, variabel harga (X2) sebesar 0,212, variabel lokasi (X3) sebesar -0,062, variabel promosi (X4) sebesar 0,422. Uji parsial menunjukkan nilai Pvalue variabel produk = 0,011 dan promosi = 0,018 < α = 0,05 maka terdapat hubungan antara variabel produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel harga = 0,151 dan varaiebl lokasi = 0,626 > α = 0,05 maka tidak ada hubungan antara variabel produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian pengaruh paling besar diberikan oleh variabel promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan. Saran agar penelitian ini dapat digunakan bagi penelitian selanjutnya, akademi yang membutuhkan, serta marketing pemasaran brand fashion dalam meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Azizi Azizi
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:56
Last Modified: 19 Dec 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34137

Actions (login required)

View Item
View Item