Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas II MIN Miruk Aceh Besar

Ikhsan Hasyim, 201223441 (2017) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas II MIN Miruk Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Penerapan Pendekatan Pembelajaran)
IKHSAN HASYIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas II bahwasanya guru jarang menggunakan pendekatan kooperatif dalam pembelajaran misalnya dalam pembentukan kelompok dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengalaman sehari-hari siswa dalam konteks nyata, akibatnya siswa kurang aktif dan kurang menguasai pelajaran matematika khususnya pada materi penjumlahan. Untuk itu, perlu diterapkan suatu pendekatan pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dan bisa menguasai materi penjumlahan tersebut. Maka dari pada itu penulis memilih menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), karena menurut penulis pendekatan ini menyangkut dengan pengalaman sehari-hari siswa dalam konteks nyata dan dirasa cocok untuk diterapkan dalam materi penjumlahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa sesudah menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi operasi penjumlahan bilangan kelas II semester ganjil. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-b MIN Miruk Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas guru pada siklus I yaitu 61,33%, meningkat pada siklus II yaitu 74,28%, dan pada siklus III meningkat lagi yaitu 88,88%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 65,33%, meningkat pada siklus II yaitu 78,57%, dan pada siklus III meningkat lagi yaitu 85,33%. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 56,66%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 66,66%, Dan meningkat pada siklus ke III menjadi 80,00%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada kelas II-b MIN Miruk aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education RME), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikhsan Hasyim
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:52
Last Modified: 10 Apr 2018 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item
TOP