Implementasi Layanan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 1 Delima

Suci Ochtaviani, 170213101 (2022) Implementasi Layanan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 1 Delima. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Layanan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 1 Delima] Text (Implementasi Layanan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 1 Delima)
SKKRIPSI SUCI OCHTAVIANI yang benar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, dengan komunikasi manusia dapat berhubungan satu sama lain. Hubungan sosial akan terjalin dengan baik apabila didalamnya terdapat komunikasi interpersonal. Namun yang terjadi di SMA Negeri 1 Delima masih banyak siswa yang mengalami kesulitan komunikasi interpersonal seperti malu dalam memberikan atau mengemukakan pendapat, memiliki prilaku komunikasi yang kurang baik terhadap teman di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan layanan konseling individual melalui teknik assertive training, sesudah diberikan layanan konseling individual melalui teknik assertive training dan perbedaan sesudah dan sebelum diberikan layanan konseling individual melalui teknik assertive training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk One Group Pre-Test Post-Test. Populasi yang diambil berjumlah 29 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 5 siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket (kuesioner) untuk mengukur komunikasi interpersonal siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji-t, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan konseling individual melalui teknik assertive training efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 1 Delima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Suci Ochtaviani Suci
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:56
Last Modified: 19 Dec 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34145

Actions (login required)

View Item
View Item