Strategi UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Dalam Pembinaan Anak Broken Home Di Banda Aceh

Ansari Meika Sundari, 190305069 (2023) Strategi UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Dalam Pembinaan Anak Broken Home Di Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Strategi UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Dalam Pembinaan Anak Broken Home Di Banda Aceh] Text (Strategi UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Dalam Pembinaan Anak Broken Home Di Banda Aceh)
Ansari Meika Sundari, 190305069, FUF ,SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas di lingkungan Dinas Sosial Aceh yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional di bidang penerimaan, pelayanan, pengasuhan dan perlindungan terhadap anak-anak yang memiliki permasalahan keluarga, anak berkebutuhan khusus, anak yang berhadapan dengan hukum, dan anak tindak korban kekerasan. Anak-anak yang ada di UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe adalah anak-anak yang memiliki masalah, emosional, temperamental, dan susah di atur. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan tentang pola pembinaan dan strategi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe dalam membina anak jalanan dan broken home di Banda Aceh. UPTD tersebut memiliki pola pembinaan dan strategi tersendiri untuk menjalankan pembinaan yang mereka berikan agar dapat terealisasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu untuk mengkaji fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe adalah pembinaan karakter, pembinaan keagamaan, pembinaan pendidikan, serta pembinaan pendukung lainnya seperti olahraga dan hiburan. Adapun strategi yang digunakan oleh UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe yaitu melalui pendekatan, pengenalan jati diri anak, dan memberikan serta mengontrol terhadap pilihan anak-anak tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Ansari Sundari
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:20
Last Modified: 20 Dec 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34152

Actions (login required)

View Item
View Item