Peran Pemerintah Desa Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Tinjauan Maqashid Syariah (Studi Kasus Desa Bueng Bakjok Kecamatan Kita Baro Kabupaten Ache Besar)

Oki Ardinawati, 150602182 (2023) Peran Pemerintah Desa Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Tinjauan Maqashid Syariah (Studi Kasus Desa Bueng Bakjok Kecamatan Kita Baro Kabupaten Ache Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Pemerintah Desa Untuk Peningkatan  Kesejahteraan Masyarakat Dalam Tinjauan Maqashid Syariah (Studi Kasus Desa Bueng Bakjok Kecamatan Kita Baro Kabupaten Ache Besar)] Text (Peran Pemerintah Desa Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Tinjauan Maqashid Syariah (Studi Kasus Desa Bueng Bakjok Kecamatan Kita Baro Kabupaten Ache Besar))
Oki Ardinawati, 150602182, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pemerintah Desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam tinjauan maqashid syariah dan untuk mengetahui faktor peningkatan kesejahteraan masyarakat di Gampong Bueng Bakjok Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif, dimana penyusun akan mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam dengan tujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program di Gampong melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan penelitian yang digunakan adalah 14 orang masyarakat Gampong Bueng Bakjok Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pemerintah Gampong Bueng Bakjok dalam mensejahterakan masyarakatnya dapat dilihat dari dua perspektif yaitu: (1)Berdasarkan perspektif sosial peran pemerintah gampong dalam mensejahterakan masyarakat yaitu dengan mendirikan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang dapat dimanfaatkan oleh penduduknya dalam kehidupan sehari-hari dan (2) Ditinjau dari perspektif maqashid syariah dapat disimpulkan bahwa usaha pemerintah desa dalam mensejahterakan masyarakatnya dilakukan dengan cara melakukan penjagaan terhadap agama. Faktor-faktor dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Gampong Bueng Bakjok Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar adalah perekonomian, pendidikan, Dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah, Peningkatan Kesejahteraan, Perspektif Maqashid Syariah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Oki Ardinawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:28
Last Modified: 20 Dec 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34156

Actions (login required)

View Item
View Item