Pengembangan Lembar Kerja Siswa Praktik Instalasi Penerangan Listrik Sebagai Bahan Ajar Di SMK N 1 Lhokga Aceh Besar

Saifuddin, 160211050 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Praktik Instalasi Penerangan Listrik Sebagai Bahan Ajar Di SMK N 1 Lhokga Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Siswa Praktik Instalasi Penerangan Listrik Sebagai Bahan Ajar Di SMK N 1 Lhokga Aceh Besar] Text (Pengembangan Lembar Kerja Siswa Praktik Instalasi Penerangan Listrik Sebagai Bahan Ajar Di SMK N 1 Lhokga Aceh Besar)
Saifuddin, 160211050, FTK, PTE, 082276740905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Lembar kerja siswa merupakan salah satu jenis bahan ajar dan sumber belajar penunjang yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Lembar kerja siswa adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan lembar kerja siswa praktik instalasi penerangan listrik sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Lhokga Aceh Besar dan tingkat kelayakan hasil pengembangan lembar kerja siswa praktik instalasi penerangan listrik sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Lhokga Aceh Besar. Dalam penelitian digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan lahkah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lhokga Aceh Besar. Untuk mengumpulkan data digunakan kuesioner. Hasil pengembangan lembar kerja siswa praktik instalasi penerangan listrik sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Lhokga Aceh Besar dilakukan dengan cara mendesain cover LKPD, mnentuka Komptenesi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan indikator, menentukan tujuan dan materi pembelajaran pada LKPD dan mengembangkan soal tes siswa dan kunci jawaban. Tingkat kelayakan hasil pengembangan lembar kerja siswa praktik instalasi penerangan listrik sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Lhokga Aceh Besar dilihat dari aspek kurikulium, materi, bahasa dan aspek evaluasi sudah tergolong layak bahkan sangat layak menurut pandangan ahli materi dan guru praktik instalasi penerangan listrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Saifuddin Saifuddin
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:38
Last Modified: 20 Dec 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34159

Actions (login required)

View Item
View Item