Analisis Kebutuhan Masyarakat Terhadap Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Banking (Action) (Studi Pada Nasabah Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh)

Irzatul Fira, 190603108 (2023) Analisis Kebutuhan Masyarakat Terhadap Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Banking (Action) (Studi Pada Nasabah Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebutuhan, Kualitas Layanan, Mobile Banking] Text (Kebutuhan, Kualitas Layanan, Mobile Banking)
Irzatul Fira, 190603108, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi semakin canggih dan semakin banyak diminati oleh masyarakat luas, Diantara salah satu contohnya adalah lahirnya aplikasi mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat terhadap kualitas layanan Aplikasi Mobile Banking (Action) dan Untuk mengetahui apa saja kendala pihak Bank dalam menyediakan Layanan Aplikasi Mobile Banking (Action). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode phenomenological research dan field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan Sebagian besar Kebutuhan masyarakat masih belum terpenuhi terhadap aplikasi Action Bank Aceh Syariah. Hal ini dapat dilihat dari pendapat masyarakat terhadap layanan Action dimana masih kurangnya fitur Top-up e-wallet seperti (Dana,Shopee,LinkAja),serta pada Aplikasi Action juga belum adanya fitur E-commerce. Tetapi ada juga masyarakat yang merasa kebutuhan mereka sudah terpenuhi dengan adanya aplikasi Action seperti pembayaran PDAM dan pembayaran listrik secara Online tanpa harus pembayaran langsung di tempat. Adapun kendala pihak bank dalam menyediakan layanan aplikasi mobile banking adalah kurangnya teknologi dan infrastruktur serta ingin menghadirkan inovasi yang berbeda dari mobile banking yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Irzatul Fira Fira
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:52
Last Modified: 20 Dec 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34164

Actions (login required)

View Item
View Item