Pengembangan Penuntun Praktikum Pembuatan Pupuk Organik Cair Pada Materi Kimia Unsur Di SMA Negeri 1 Beutong

Aja Salmiati, 180208027 (2023) Pengembangan Penuntun Praktikum Pembuatan Pupuk Organik Cair Pada Materi Kimia Unsur Di SMA Negeri 1 Beutong. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Penuntun Praktikum Pembuatan Pupuk Organik Cair Pada Materi Kimia Unsur Di SMA Negeri 1 Beutong] Text (Pengembangan Penuntun Praktikum Pembuatan Pupuk Organik Cair Pada Materi Kimia Unsur Di SMA Negeri 1 Beutong)
Aja Salmiati, 180208027, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Belum terlaksananya pembelajaran kimia yang mengkorelasikan ilmu kimia dengan kehidupan nyata dan belum adanya bahan ajar atau dalam hal ini penuntun praktikum berbasis kontekstual serta kondisi lingkungan yang kondusif di daerah pertanian melatarbelakangi pengembangan penuntun praktikum pembuatan pupuk organik cair pada materi kimia unsur di SMA Negeri 1 Beutong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan validitas penuntun pembuatan pupuk organik cair, serta mengetahui respon peserta didik dan respon guru terhadap penggunaan penuntun praktikum pembuatan pupuk organik cair dalam pembelajaran materi kimia unsur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, validasi serta angket respon peserta didik dan guru. Pengujian validitas penuntun praktikum pembuatan pupuk organik cair melibatkan 3 orang validator ahli, menghasilkan persentase rata-rata 91.50% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba penggunaan penuntun praktikum pembuatan pupuk organik cair pada materi kimia unsur kepada 20 orang peserta didik dan 3 orang guru mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Beutong memperoleh persentase respon angket berturut-turut 87,26% dan 93,84% dengan kriteria “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Aja Salmiati
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:59
Last Modified: 20 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34169

Actions (login required)

View Item
View Item