Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Truth Or Dare Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh

Maghfirati Insani, 190213045 (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Truth Or Dare Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Truth Or Dare Dalam Membentuk Karakter Siswa  SMP Negeri 6 Banda Aceh] Text (Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Truth Or Dare Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh)
REVISI SELESAI SIDANG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Karakter jujur diartikan secara baku adalah mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran. Fenomena lapangan berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK terlihat perilaku siswa yang tidak jujur, baik dalam kelas maupun di luar kelas, seperti siswa menyontek ketika ulangan, tidak membayar ketika mengambil makanan di kantin, tidak mengaku ketika mengambil barang, izin ke kamar mandi tetapi tidak ke kamar mandi justru ke kantin, membuang sampah sembarangan. Kondisi ketidakjujuran siswa disekolah tidak dapat dibiarkan begitu saja namun dibutuhkn upaya untuk menanamkan bahwa karakter tidak jujur adalah perilaku tidak baik. Penelitian bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan media permainan Truth or Dare dalam membentuk karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru, dan 8 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Karakter jujur dapat dibentuk melalui media truth or dare hal itu ditandai dengan perubahan perilaku pada siswa, terkait karakter jujur, yakni. Siswa yang suka berbohong, tidak mengakui kesalahan, dan menyontek setelah diberikan pemahaman karakter jujur siswa menjadi berubah dan menyadari kesalahannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Maghfirah Maghfirah
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:11
Last Modified: 20 Dec 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34171

Actions (login required)

View Item
View Item