Pengaruh Pembiayaan Ar-Rum terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh)

Yulia Agustina, 190603078 (2023) Pengaruh Pembiayaan Ar-Rum terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ar-Rum, UMKM, Perkembangan] Text (Ar-Rum, UMKM, Perkembangan)
Yulia Agustina, 190603078, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan penopang seluruh kehidupan masyarakat untuk mengurangi kesenjangan antar golongan. Permasalahan utama UMKM untuk mengembangkan usahanya adalah keterbatasan modal. Pegadaian syariah hadir untuk membantu nasabah salah satunya pemberian pembiayaan Ar-Rum yang sesuai dengan prinsip syariah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan produk Ar-Rum terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Adapun jenis penelitian yang di gunakan adalah kuantitaif dengan pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan sampel 50 responden. Hasil menunjukkan bahwa pembiayaaan Ar-Rum berpengaruh positif terhadap perkembangan UMKM yang dilakukan pada Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Pada hasil penelitian menunjukkan nilai sebesar 0,04 < 0,05 sehingga menunjukan bahwa pembiayaan Ar-Rum berpengaruh positif. Dengan hasil uji t hitung didapatkan 3,025 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,675.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Yulia Agustina Yulia
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:39
Last Modified: 21 Dec 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34181

Actions (login required)

View Item
View Item