Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Produk Wadi’ah (Studi Kasus pada LKMS Mahirah Muamalah)

Fatayat Sabira, 190603084 (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Produk Wadi’ah (Studi Kasus pada LKMS Mahirah Muamalah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan.] Text (Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan.)
Fatayat Sabira, 190603084, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kualitas layanan, kualitas produk dan harga menempati proporsi yang penting dalam kepuasan menggunakan produk wadi’ah, wadi’ah dikatakan sebagai titipan yang dikategorikan ke dalam dua bentuk yaitu titipan murni (al-amanah) dan yad dhamanah (tidak murni), kualitas layanan, kualitas produk dan harga yang tidak sesuai memberikan dampak negatif, seperti menurunkan kepuasan. Kepuasan nasabah merupakan faktor penting dalam suatu bisnis yang bisa membantu mengembangkan suatu bank seperti wadi’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan nasabah menggunakan produk wadi’ah. Jenis penelitian kuantitatif, sampel 98 orang yang ditentukan melalui rumus slovin. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah LKMS Mahirah Muamalah, pengujian secara simultan menunjukkan bahwa, variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga berpengaruh sebesar 0,398 atau 39,8%, atau berpengaruh moderat atau sedang terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Fatayat Sabira Fatayat
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:39
Last Modified: 21 Dec 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34183

Actions (login required)

View Item
View Item