Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK

Yuliardi, 160211006 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif  Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK)
Yuliardi, 160211006, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil observasi awal dan wawancara dengan salah satu guru di SMK Muhammadiyah Banda Aceh peneliti memperoleh data bahwa proses pembelajaran masih sering berorientasi pada guru (teacher centered). Guru kurang menggunakan metode yang bervariasi, dan belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Pada saat penyampaian materi guru lebih mendominasi dengan metode ekspositori atau ceramah. Guru aktif menjelaskan memberi contoh, dan menyimpulkan pembelajaran sementara peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatatnya di buku mereka.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif setting kooperatif terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMKS Muhammadiyah Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran interaktif setting kooperatif terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMKS Muhammadiyah Banda Aceh.Pengaruh ini ditandai adanya peningkatan nilai pre-test sebesar 70 naik menjadi 80 pada post-test. Uji hipotesis menunjukkan nilai p = 0.005 < 0,05 maka Ha diterima artinya model pembelajaran interaktif setting kooperatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pembelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMKS Muhammadiyah Banda Aceh. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif setting kooperatif terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMK.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif, Hasil Belajar Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Yuliardi Yulis
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:44
Last Modified: 21 Dec 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item
View Item