Rancang Bangun Alat Monitoring pH Dan Energi Listrik Pada Kolam Lele Berbasis (IOT)

Ilham Qadri, 160211079 (2023) Rancang Bangun Alat Monitoring pH Dan Energi Listrik Pada Kolam Lele Berbasis (IOT). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rancang Bangun Alat Monitoring pH Dan Energi   Listrik Pada Kolam  Lele Berbasis (IOT)] Text (Rancang Bangun Alat Monitoring pH Dan Energi Listrik Pada Kolam Lele Berbasis (IOT))
Ilham Qadri, 160211079, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Dalam budidaya ikan lele,kondisi pertumbuhan ikan akan optimal jika pH normal dengan nilai pH 6-9. Budidaya lele didesa cadek kab aceh besar, masalah kualitas air ini menjadi utama bagi pembudidaya ikan lele ketika pH air tidak normal. Salah satu penunjang berkembangnya teknologi yang sangat membantu atau memudahkan peternak dalam mengontrol pH air salah satunya yaitu internet of thing (IoT), penelitian ini bertujuan untuk merancang alat monitoring pH air menggunakan alat berbasis IoT, dan melihat energi listrik yang di gunakan, dalam model penelitian ini menerapkan model 4D yaitu : define, design, develop, disseminate. Dari hasil uji coba alat mendapatkan nilai yang terbaca ketika air normal yaitu 6-9 dan ketika nilai air di bawah 6 dan di atas 9 itu terbaca air kotor.hasil kelayakan alat ini dilakukan oleh 2 ahli validator di bidang elektro bahwa alat ini layak digunakan dengan persentasi nilai ahli media 1 memperoleh 91,14% dan ahli media 2 memperoleh 82.8% dengan kategori sangat layak

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alat Monitoring, Energi Listrik, Internet Of Things sensor pH
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ilham Qadri
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:48
Last Modified: 21 Dec 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item
View Item