Sistem Pengusiran Hama Tikus pada Tanaman Padi Menggunakan Sensor Gerak

Haris Maulana, 160211024 (2023) Sistem Pengusiran Hama Tikus pada Tanaman Padi Menggunakan Sensor Gerak. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Pengusiran Hama Tikus pada Tanaman Padi Menggunakan Sensor Gerak] Text (Sistem Pengusiran Hama Tikus pada Tanaman Padi Menggunakan Sensor Gerak)
Haris Maulana, 160211024, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan sensor gerak berbasis Arduino Uno memberikan dampak yang signifikan bagi pencegahan serangan hama tikus di areal persawahan. Pencegahan tersebut akan memberikan nilai tambah bagi petani dalam produktivitas hasil panennya. Di samping itu, pemanfaatan sensor gerak dalam penelitian ini dipandang lebih efisien dan efektif. Pokok permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang alat pengusir hama tikus pada tanaman padi menggunakan sensor gerak dan bagaimana prinsip kerja alat pengusir hama tikus pada tanaman padi menggunakan sensor gerak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat pengusir hama tikus pada tanaman padi menggunakan sensor gerak dan mengetahui prinsip kerja alat pengusir hama tikus pada tanaman padi menggunakan sensor gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan studi praktek. Perancangan elektrik menggunakan sofware fritzing. Proses instalasi perangkat lunak menggunakan Arduino IDE dan melakukan pengodian pada Arduino Uno untuk mengaktifkan buzzer dan sensor ultrasonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian prototype alat pengusir hama tikus ini menggunakan sensor ultrasonik berbasis Arduino Uno, yang merupakan sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan petani dalam mengusir hama tikus yang sangat meresahkan. Dengan alat prototype ini diharapkan mampu menghemat dan mengefisiensi waktu dan tenaga. Berdasarkan data black box diatas pengujian alat prototype ini dinyatakan berhasil. Kondisi dari modul sensor hc-sr04 dan buzzer dalam mendeteksi gerakan tikus, dengan parameter modul sensor hc-sr04 berkisar diantara < 4 meter dapat mendeteksi jarak. Sedangkan pada jarak ≥ 5 meter meter modul sensor HC-SR04 tidak mampu lagi untuk mendeteksi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengusiran, hama tikus, tanaman padi, sensor gerak.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Haris Maulana
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:55
Last Modified: 21 Dec 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34192

Actions (login required)

View Item
View Item