Analisis Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pekerja Anak di Bawah Umur di Kota Banda Aceh

Muhammad Aqshal Riyadhi, 190604028 (2023) Analisis Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pekerja Anak di Bawah Umur di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Jenis Pekerjaan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua, Jumlah tanggungan Keluarga dan Pekerja Anak di bawah umur] Text (Jenis Pekerjaan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua, Jumlah tanggungan Keluarga dan Pekerja Anak di bawah umur)
Muhammad Aqshal Riyadhi, 190604028, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemiskinan masih menjadi faktor utama yang menimbulkan pekerja anak di bawah umur, dikarenakan orang tua sangat membutuhkan tenaga anak-anaknya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap pekerja anak di bawah umur di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik biner. Data berupa data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jenis pekerjaan orang tua secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pekerja anak sedangkan variabel pendapatan orang tua dan jumlah tanggungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pekerja anak. Secara simultan variabel jenis pekerjaan orang tua, pendapatan orang tua, jumlah tanggungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap pekerja anak di bawah umur di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Aqshal Riyadhi Aqshal
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:41
Last Modified: 22 Dec 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34200

Actions (login required)

View Item
View Item