Analisis Dana Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Kajian pada PT Solusi Bangun Andalas Cabang Lhoknga)

Ikhsan Alfriadi, 180602041 (2023) Analisis Dana Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Kajian pada PT Solusi Bangun Andalas Cabang Lhoknga). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Corporate Social Responsibility (CSR), Pemberdayaan Masyarakat.] Text (Corporate Social Responsibility (CSR), Pemberdayaan Masyarakat.)
IKHSAN, 180602041, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sekumpulan kewajiban organisasi untuk melindungi dan memajukan masyarakat di mana perusahan tersebut berada. Kegiatan CSR dilakukan untuk mewujudkan manfaatnya bagi Masyarakat, tidak hanya untuk memenuhi kewajiban hukum tetapi juga mampu memberikan nilai pemberdayaan atau peningkatan kualitas hidup. Pelaksanaan CSR dalam perspektif Islam merupakan tujuan dari syariat Islam (Maqasyid al Syariah) atau maslahah karena bisnis adalah upaya untuk menciptakan maslahah, bukan hanya sekedar mencari keuntungan. Hal ini sesuai dengan prinsip CSR yaitu “Tripple bottom line” yang terdiri dari keuntungan (profit), menjaga kelestarian lingkungan (Planet), serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat (People). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dana CSR PT SBA berpengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap pengaruh implementasi program CSR PT SBA terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripstif dengan mewawancarai langsung pihak dari PT SBA dan masyarakat penerima manfaat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya implemantasi dana CSR terhadap pemberdayaan masyarakat, sudah berjalan dengan sangat baik dan berkelanjutan sesuai dengan aturan dan juga sudah sesuai dengan karena sudah memenuhi tujuan dasar dalam islam, yaitu agama (ad din), harta (mall), akal (aql), individu (nafs), keturunan (nasb), dan menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikhsan Alfriadi Ikhsan
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:50
Last Modified: 22 Dec 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item
View Item