Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital Dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh)

Khairi, 190602096 (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital Dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keamanan, kemudahan, kepatuhan syariah, minat masyarakat, dompet digital.] Text (Keamanan, kemudahan, kepatuhan syariah, minat masyarakat, dompet digital.)
Khairi, 190602096, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Saat ini penggunaan dan pemanfaatan dompet digital sudah hampir di berbagai kalangan termasuk kalangan masyarakat Kota Banda Aceh. Penggunaan dan pemanfaatan dompet digital ini tidak terlepas dari faktor keamanan, kemudahan dan kepatuhan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor keamanan, kemudahan, dan kepatuhan syariah terhadap minat masyarakat Kota Banda Aceh dalam menggunakan dompet digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dimana pengambilan sampelnya dengan teknik cluster sampling terhadap 99 masyarakat kota Banda Aceh. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan SPSS versi 24. Dari temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) variabel keamanan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dompet digital, (2) variabel kemudahan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dompet digital, (3) variabel kepatuhan syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dompet digital, dan (4) secara simultan variabel keamanan, kemudahan dan kepatuhan syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dompet digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Khairi Khairi
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:03
Last Modified: 22 Dec 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34206

Actions (login required)

View Item
View Item