Pengaruh Tingkat Pengetahuan Agama dan Keterlibatan Organisasi Sosial Keagamaan terhadap Pemahaman Masyarakat Muslim pada Wakaf Uang di Kota Banda Aceh

Aditya Rifqi Fauzan, 160602218 (2022) Pengaruh Tingkat Pengetahuan Agama dan Keterlibatan Organisasi Sosial Keagamaan terhadap Pemahaman Masyarakat Muslim pada Wakaf Uang di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengetahuan Agama, Organisasi Sosial   Keagamaan, Pemahaman Wakaf Uang] Text (Pengetahuan Agama, Organisasi Sosial Keagamaan, Pemahaman Wakaf Uang)
Aditya Rifqi Fauzan, 160602218, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Wakaf adalah salah satu sistem sosial Islam yang sangat dianjurkan untuk digunakan oleh seseorang atau lembaga sebagai sarana penyaluran rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya. Wakaf dikategorikan sebagai amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir walau wakif (pemberi wakaf) telah meninggal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan agama dan keterlibatan dalam organisasi sosial keagamaan terhadap wakaf uang masyarakat muslim di kota Banda Aceh. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan agama berpengaruh positif dan sigifikan terhadap pemahaman masyarakat muslim pada wakaf uang di Kota Banda Aceh dan keterlibatan organisasi sosial keagamaan bepengaruh positif tidak signifikan terhadap pemahaman masyarakat muslim pada wakaf uang di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Aditya Rifqi Fauzan Adit
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:55
Last Modified: 22 Dec 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34207

Actions (login required)

View Item
View Item