Penguatan Modal Sosial Melalui Kenduri Blang Dalam Masyarakat Petani Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

M. Azmi, 190405050 (2023) Penguatan Modal Sosial Melalui Kenduri Blang Dalam Masyarakat Petani Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penguatan Modal Sosial Melalui Kenduri Blang Dalam Masyarakat Petani Di Gampong  Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan] Text (Penguatan Modal Sosial Melalui Kenduri Blang Dalam Masyarakat Petani Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
M. Azmi, 190405050, FDK, KS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “penguatan modal sosial melalui kenduri blang dalam masyarakat petani” dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang penguatan modal sosial melalui kenduri blang dalam masyarakat petani Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan yang memiliki kearifan lokal tentang tata cara bertani dikalangan masyarakat petani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguatan modal sosial melalui kenduri blang dalam masyarakat petani di gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan dan bagaimana dampak dari kenduri blang terhadap penguatan modal sosial dalam masyarakat petani tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dukumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 5 unsur terpenting didalam penguatan modal sosial melalui kenduri blang terhadap masyarakat petani meliputi (1) Rasa percaya atau kepercayaan masyarakat petani, (2) Solidaritas sosial atau kepedulian masyarakat petani, (3) Nilai-nilai sosial masyarakat petani, (4) Norma sosial masyarakat petani, dan (5) Jaringan sosial masyarakat petani. Ada beberapa dampak yang didapatkan oleh masyarakat petani di gampong Krueng Batu (1) Dampak positif, dan (2) Dampak negatif. Dampak positif didapatkan bila masyarakat patuh dan menjalankan terhadap adanya larangan dan peraturan yang berlaku di sawah. Sedangkan dampak negatif dialami bila masyarakat tidak mematuhi terhadap adanya larangan dan peraturan yang berlaku di sawah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Modal Sosial, Kenduri Blang, Masyarakat Petani, dan Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Depositing User: M. Azmi Azmi
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:36
Last Modified: 22 Dec 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34219

Actions (login required)

View Item
View Item