Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Dayah Nurul Fajri Timang Gajah Bener Meriah.

Hamzah Gani, 190201009 (2023) Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Dayah Nurul Fajri Timang Gajah Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Dayah Nurul Fajri Timang Gajah Bener Meriah.] Text (Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Dayah Nurul Fajri Timang Gajah Bener Meriah.)
Hamzah PAI Full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Terkait tentang hafalan Al-Qur’an tidak sedikit yang memilih mundur sebelum menghafal, menjadi salah satu penyebab santri yang mengalami kesusahan dalam proses hafalan Al-Qur’an dan kurangnya kemampuan atau semangat santri dalam hafalan Al-Qur’an. Jadi salah satunya untuk menekankan penelitian ini dengan menggunakan metode takrir, karena itu Penggunaan takrir dalam menghafal Al-Qur’an sangat penting untuk diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode takrir dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada santri di Dayah Nurul Fajri Timang Gajah Bener Meriah, apakah metode takrir dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada Santri di Dayah Nurul Fajri Timang Gajah Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas serta reduksi data. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, secara keseluruhan dari 13 item pernyataan kuisioner atau angket dinyatakan valid dan reliabel. Dibuktikan dengan pernyataan variabel peason correlation 0,5 dengan taraf signifikansi yang seluruhnya 0,05. Selanjutnya dibuktikan dengan nilai reliabel 0,70 yakni variabel (X) .725 dan variabel (Y) .765. Dalam proses ini, santri membaca ayat yang harus dihafal, menghafal ayat-ayat tersebut secara bertahap sampai mereka mampu, mengulang hafalan sampai benar-benar lancar, dan kemudian harus mengulang hafalan kembali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamzah Gani Hamzah
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:06
Last Modified: 27 Dec 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34230

Actions (login required)

View Item
View Item