Asosiasi Mikoriza Pada Rhizosfer Pohon Di Kawasan Wisata Sungai Pucok Krueng Raba Kecamaan Lhoknga Kabupaten Aceh BesarSebagai Referensi Matakuliah Ekologi Tumbuhan

Rahmad Putra, 180207077 (2023) Asosiasi Mikoriza Pada Rhizosfer Pohon Di Kawasan Wisata Sungai Pucok Krueng Raba Kecamaan Lhoknga Kabupaten Aceh BesarSebagai Referensi Matakuliah Ekologi Tumbuhan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Asosiasi Mikoriza Pada Rhizosfer Pohon] Text (Asosiasi Mikoriza Pada Rhizosfer Pohon)
Rahmad Putra, 180207077, FTK, PBL, 082386245702.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran ekologi tumbuhan pada materi interaksi interspesies hanya memberikan contoh interaksi yang umum digunakan seperti Lichenes, interaksi antara fungi dan alga, sehingga mahasiswa belum mengetahui contoh lain dari interaksi interspesies, seperti interaksi mikoriza di rhizosfer pohon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pohon di kawasan wisata sungai Pucok Kreung Raba, untuk mengetahui asosiasi mikoriza pada rhizosfer pohon, dan untuk mengetahui uji kelayakan booklet sebagai referensi matakuliah ekologi tumbuhan. Rancangan penelitian ini menggunakan petak kuadrat. Stasiun 1 pintu masuk, stasiun 2 dekat sungai dan stasiun 3 di seberang sungai. Setiap stasiun di buat 2 petak kuadrat. sedangkan uji kelayakan booklet sebagai referensi matakuliah ekologi tumbuhan digunakan lembar uji kelayakan. Hasil penelitian diperoleh 18 jenis pohon dari 15 famili dan total 48 individu. Asosiasi mikoriza pada rhizosfer pohon terdapat 11 asosiasi, bentuk asosiasi positif dengan derajat (kekuatan) asosiasi dalam kategori lemah dan sedang. Uji kelayakan booklet dari ahli materi dan media diperoleh persentase rata-rata 85% dengan kategori sangat layak direkomendasikan sebagai referensi dalam proses pembelajaran ekologi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmad Putra
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:23
Last Modified: 28 Dec 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34249

Actions (login required)

View Item
View Item