Interaksi Masyarakat Terhadap Pasien Sembuh Corona Virus Disease (Covid-19) Di Kota Banda Aceh

Teuku Qisthi Tartia Tandy, 170401114 (2023) Interaksi Masyarakat Terhadap Pasien Sembuh Corona Virus Disease (Covid-19) Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Interaksi Masyarakat Terhadap Pasien Sembuh Corona Virus Disease (Covid-19) Di Kota Banda Aceh] Text (Interaksi Masyarakat Terhadap Pasien Sembuh Corona Virus Disease (Covid-19) Di Kota Banda Aceh)
Teuku Qisthi Tartha Tandy, 170401114, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keberdaan pasien sembuh Covid-19 memberikan dampak dalam intraksi ditengah masyarakat, terutama antara pihak yang terpapar Covid-19 dengan pihak yang tidak terpapar, hal ini membuat hubungan dalam masyarakat terhambat bahkan ada yang merendahkan satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk interaksi masyarakat terhadap pasien sembuh Covid-19 dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi masyarakat terhadap pasien sembuh Covid-19 di Kota Banda Aceh. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek dari penelitian ini adalah keuchik kampung Mulia dan keuchik kampung beurawe sebagai informan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Interaksi yang dilakukan masyarakat berbentuk kontravensi dan diskriminatif. (2) Faktor yang mempengaruhi interaksi masyarakat terhadap pasien sembuh Covid-19 di Kota Banda Aceh antara lain adanya anggapan pasien tersebut masih dapat mengakibatkan penularan Covid-19 sehingga memunculkan rasa takut untuk berinteraksi secara personal. Kesimpulan penelitian ialah terdapat kerenggangan interaksi dalam masyarakat semasa Covid-19, sehingga masyarakat tidak percaya sepenuhnya bahwa pasien Covid-19 mengalami kesembuhan secara sempurna. Oleh karena itu disarankan agar pihak masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dalam berinteraksi dengan mengikuti protokol Kesehatan dari pihak Kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Teuku Qisthi Tartia Tandy
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:42
Last Modified: 28 Dec 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34251

Actions (login required)

View Item
View Item