Hubungan Kecemasan Dengan Kecenderungan Gangguan Psikosomatis Di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Muhammad Rizqi Nirwanda Siregar, 180901076 (2023) Hubungan Kecemasan Dengan Kecenderungan Gangguan Psikosomatis Di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Kecemasan Dengan Kecenderungan Gangguan Psikosomatis Di SMA Negeri 3 Banda Aceh] Text (Hubungan Kecemasan Dengan Kecenderungan Gangguan Psikosomatis Di SMA Negeri 3 Banda Aceh)
Muhammad Rizqi Nirwanda Siregar, 180901076, FPSI, PSI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Psikosomatis yang berlebihan akan mengganggu pada keadaan emosional seseorang. Salah satu faktor yang mempengaruhi psikosomatis adalah kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecemasan dengan Kecenderungan Gangguan Psikosomatis di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1066 siswa dan sampel sejumlah 258 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala Kecemasan dan skala Kecenderungan Gangguan Psikosomatis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi rho Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi spearman sebesar 0,458 dengan nilai (p) = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecemasan dengan kecenderungan gangguan psikosomatis pada siswa di SMA Negeri 3 Banda Aceh, artinya semakin tinggi kecemasan maka semakin tinggi pula kecenderungan gangguan psikosomatis dan semakin rendah kecemasan maka semakin rendah kecenderungan gangguan psikosomatis. Kecemasan dan kecenderungan gangguan psikosomatis pada penelitian ini keduanya berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Muhammad Rizqi Nirwanda Siregar Rizqi
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:42
Last Modified: 28 Dec 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34252

Actions (login required)

View Item
View Item