Faktor-Faktor Makro Ekonomi Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Tasya Shafira Musthofa, 170602019 (2023) Faktor-Faktor Makro Ekonomi Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nilai Tukar Rupiah, Inflasi dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)] Text (Nilai Tukar Rupiah, Inflasi dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI))
Tasya Shafira Musthofa, 170602019, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) merupakan indikator dari kinerja pasar saham syariah Indonesia. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) termasuk indeks komposit saham syariah yang tercatat di BEI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun secara parsial variabel Nilai Tukar dan Inflasi terhadap pergerakan harga saham di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian library research dan pengambilan data melalui Badan Pusat Statistika (BPS), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Menggunakan analisis regresi linear berganda dengan data jangka panjang antara tahun 2018-2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 sampel nilai kapitalisasi pasar saham pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Nilai Tukar Rupiah dan Inflasi secara simultan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Nilai Tukar Rupiah tidak berpengaruh secara parsial ditunjukkan dengan nilai negatif terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), dan Inflasi berpengaruh secara parsial dengan nilai positif terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Tasya Shafira Musthofa Tasya
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:56
Last Modified: 28 Dec 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item
View Item