Pengaruh Modal Produksi dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Ikan Pasar Al-Mahirah Lamdingin Banda Aceh Menurut Perspektif Ekonomi Islam.

Putri Mardhatillah, 170602012 (2023) Pengaruh Modal Produksi dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Ikan Pasar Al-Mahirah Lamdingin Banda Aceh Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Modal Produksi, Lokasi Usaha, dan Pendapatan] Text (Modal Produksi, Lokasi Usaha, dan Pendapatan)
Putri Mardhatillah, 170602012, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pasar Al-Mahirah merupakan relokasi dari pasar Peunayong dan pedagang ikan eceran di TPI Lampulo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal produksi, lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang ikan pasar Al-Mahirah. Sampel dari penelitian ini sebanyak 76 responden dengan total populasi 310 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji R2 koefisien determinasi yang sudah disesuaikan dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lokasi usaha berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pedagang. Sedangkan variabel modal usaha berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pendapatan pedagang. Akan tetapi ketika dilakukan pengujian secara bersama–sama, semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pedagang ikan pasar Al-mahirah Lamdingin Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Mardhatillah Putri
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:55
Last Modified: 28 Dec 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34256

Actions (login required)

View Item
View Item