Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Terhadap Kemampuan Peserta Kewirausahaan Pada Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kota Banda Aceh

Fitra Uskiyanda, 180604102 (2023) Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Terhadap Kemampuan Peserta Kewirausahaan Pada Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelatihan, Pembinaan, Kemampuan Peserta Kewirausahaan, BPVP] Text (Pelatihan, Pembinaan, Kemampuan Peserta Kewirausahaan, BPVP)
Fitra Uskiyanda, 180604102, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pelatihan memberikan landasan penting bagi pengembangan keterampilan serta peningkatan pengetahuan yang mendalam, menghadirkan kesempatan bagi individu untuk berkembang secara profesional dalam berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pelatihan dan pembinaan terhadap kemampuan peserta wirausaha pada Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kota Banda Aceh. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis statistik dengan data yang disebarkan kuesioner dari 112 peserta program kewirausahaan pada BPVP Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel adalah dengan penggunaan keseluruhan dari populasi karena jumlah responden yang kurang proporsional (sedikit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan peserta wirausaha, sementara pembinaan berkontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan mereka. Secara simultan, pelatihan dan pembinaan bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan peserta wirausaha sebesar 85,1%. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembinaan memiliki peran yang lebih kuat daripada pelatihan dalam meningkatkan kemampuan peserta wirausaha di BPVP Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Fitra Uskiyanda Fitra
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:55
Last Modified: 28 Dec 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34261

Actions (login required)

View Item
View Item