Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Dikalangan Mahasiswa Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Zakia Hawari, 190602056 (2023) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Dikalangan Mahasiswa Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan fMedia Sosial, Sarana Bisnis, Etika Binis Islam.] Text (Pemanfaatan fMedia Sosial, Sarana Bisnis, Etika Binis Islam.)
Zakia Hawari, 190602056, FEBI, ES, 082246839032.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial adalah penggunaan platform-platform digital yang memungkinkan interaksi dan berbagi konten dalam bentuk teks, gambar, dan video, untuk memberikan berbagai tujuan seperti komunikasi, pemasaran, edukasi, dan lainnya, termasuk didalamnya adalah bisnis online. Oleh karena itu penting bagi mahasiswa yang sudah sering bergelut langsung dengan media sosial untuk memaksimalkan media sosial yang ada untuk sesuatu yang lebih produktif seperti sarana bisnis yang dijalankan sesuai dengan etika bisnis islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, tantangan maupun kendala media sosial sebagai sarana bisnis di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan cara wawancara mendalam dengan mahasiswa yang aktif sebagai pembisnis online. Informan yang diwawancarai pada penelitian ini berjumlah 1 orang anggota PINBIS, 2 orang pakar akademisi dan 7 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai sarana bisnis di kalangan mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh sudah dapat dimanfaatkan dengan baik. Namun belum maksimal, tidak semua mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana bisnis yang sesuai dengan perspektif etika bisnis islam, sehingga hanya beberapa mahasiswa saja yang sudah memulai bisnis mereka secara online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zakia Hawari Zaki
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:03
Last Modified: 28 Dec 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item
View Item