Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Qanun No. 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Windia Damayanti, 190603092 (2023) Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Qanun No. 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Qanun, Lembaga Keuangan Syariah, Pengetahuan, Pemahaman, Penilaian.] Text (Qanun, Lembaga Keuangan Syariah, Pengetahuan, Pemahaman, Penilaian.)
Windia Damayanti, 190603092, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Qanun No. 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah merupakan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang kegiatan lembaga keuangan dalam rangka mewujudkan perekonomian masyarakat Aceh yang adil dan sejahtera dalam naungan syariat Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengetahuan, Pemahaman dan Penilaian Mahasiswa terhadap Implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah No. 11 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terhadap Qanun Lembaga Keuangan Syariah sangat baik. Pemahaman mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terhadap Qanun Lembaga Keuangan Syariah sudah bagus. Penilaian mahasiswa terhadap Implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah belum maksimal dijalankan. Hal ini diungkapkan bahwa kurangnya sosialisasi yang melibatkan masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang belum paham tentang penerapan Qanun ini dan lembaga keuangan belum sepenuhnya menjalankan operasionalnya sesuai dengan prinsip syariah yang dianggap sebagai hambatan dalam pelaksanaannya. Adapun yang dapat dilakukan adalah melalukan sosialisasi dan edukasi terkait Qanun Lembaga Keuangan Syariah serta memperluas jaringan Lembaga Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Windia Damayanti Windi
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:12
Last Modified: 28 Dec 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34270

Actions (login required)

View Item
View Item