Kemampuan Ekoenzim Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Lasiodiplodia theobromae Penyebab Pembusukan Pada Buah Alpukat (Persea Americana Mill)

Cut Hudia Amaliana, 180703036 (2023) Kemampuan Ekoenzim Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Lasiodiplodia theobromae Penyebab Pembusukan Pada Buah Alpukat (Persea Americana Mill). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Ekoenzim Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Lasiodiplodia theobromae Penyebab Pembusukan Pada Buah Alpukat (Persea Americana Mill)] Text (Kemampuan Ekoenzim Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Lasiodiplodia theobromae Penyebab Pembusukan Pada Buah Alpukat (Persea Americana Mill))
Skripsi Cut Hudia Amaliana (2) terbaru 30,09,23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Jamur Lasiodiplodia theobromae termasuk ke dalam jamur patogen yang menyerang buah alpukat. Ekoenzim dapat dimanfaatkan sebagai antifungi, ekoenzim mengandung senyawa flavonoid, safonin yang mampu menghambat pertumbuhan jamur patogen. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan ekoenzim dalam menghambat pertumbuhan jamur Lasiodiplodia theobromae, dan konsentrasi ekoenzim terhadap mutu pengawetan laju pembusukan buah alpukat. Metode pengujian ekoenzim terhadap jamur patogen Lasiodiplodia theobromae menggunakan metode poisioned food technique atau dilusi padat/agar. Uji daya hambat jamur diperoleh mampu menghambat pertumbuhan jamur dengan konsentrasi 20% sampai 60% dikategorikan daya hambat sedang, konsentrasi 80% dikategorikan kuat dengan nilai daya hambat 62,79 % dan konsentrasi 100% dikategorikan sangat kuat dengan nilai daya hambat 76,34%. Pengujian ekoenzim terhadap keawetan buah diperoleh tidak mampu menghentikan pembusukan buah alpukat yang ditandai dengan busuknya ujung pangkal buah pada tiap konsentrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Hudia Amaliana Hudia
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:20
Last Modified: 24 Jan 2024 08:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34273

Actions (login required)

View Item
View Item