Automatic Stop Refill Water Depot Berbasis Water Sensor Level

Ikram Muji, 170211119 (2023) Automatic Stop Refill Water Depot Berbasis Water Sensor Level. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Automatic Stop Refill Water Depot Berbasis Water Sensor Level] Text (Automatic Stop Refill Water Depot Berbasis Water Sensor Level)
Skripsi, doc. Ikram Muji (2023)- (A5) digabungkan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Depot pengisian air minum isi ulang dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh air minum. Tetapi cara pengisiannya masih dengan cara manual. Di saat proses pengisian air sering terjadi air melebihi volume galon. Dalam Penelitian ini dirancang sebuah alat yang dapat membantu proses pengisian air, agar di saat proses pengisian air tidak melebihi kapasitas galon. Komponen utama yang digunakan pada alat tersebut adalah sensor cairan non kontak. Pengujian dilakukan pada galon dalam kondisi kosong, didapatkan sensor tidak mendeteksi air maka pompa hidup. Sebaliknya jika sensor mendeteksi air maka pompa akan mati dan indikator air penuh di LCD akan hidup. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sistem sensor water level terbukti dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pada depot air isi ulang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat bekerja dengan baik. Pengujian untuk mengisi air galon hingga penuh, dibutuhkan jarak 1 mm sampai dengan 5 mm, Jika melebihi 5 mm sensor tidak dapat mendeteksi air yang ada di dalam galon. Pengujian dilakukan pada percobaan pertama, kedua, ketiga, dan keempat pada merek galon 1. Keseluruhan jenis air pada model galon memiliki ketebalan 2 mm, air yang digunakan dalam pengujian ini adalah air biasa dan air RO. Berdasarkan pengujian prototype dapat merespon dan bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ikram Muji Ikram
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:29
Last Modified: 28 Dec 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34278

Actions (login required)

View Item
View Item