Analisis Tingkat Keberhasilan Pengelolaan Dana Pendidikan Siswa Mustahiq Muallaf Pada Baitul Mal Aceh

Eldi Koldia Br Lase, 190102108 (2023) Analisis Tingkat Keberhasilan Pengelolaan Dana Pendidikan Siswa Mustahiq Muallaf Pada Baitul Mal Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Tingkat Keberhasilan Pengelolaan Dana  Pendidikan Siswa Mustahiq Muallaf Pada Baitul Mal Aceh] Text (Analisis Tingkat Keberhasilan Pengelolaan Dana Pendidikan Siswa Mustahiq Muallaf Pada Baitul Mal Aceh)
eldi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu program yang dijalankan oleh Baitul Mal Aceh adalah program beasiswa muallaf. Program beasiswa muallaf merupakan program beasiswa yang hanya diberikan dengan memprioritaskan muallaf dan keluarganya jika memenuhi syarat dan ketentuan. Tulisan ini mendeskripsikan persoalan analisis tingkat keberhasilan pengelolaan dana mustahiq muallaf pada Baitul Mal Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengalokasian dana untuk beasiswa muallaf dan penyalurannya pada Baitul Mal Aceh, untuk mengetahui realisasi dana yang telah disalurkan untuk program beasiswa muallaf dan untuk mengetahui penilaian tingkat keberhasilan pendidikan siswa muallaf yang dibiayai sebagai mustahiq melalui program beasiswa muallaf pada Baitul Mal Aceh. Penelitian menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian Zakat yang dialokasikan kepada senif muallaf merupakan termasuk zakat yang bersifat konsumtif. Zakat tersebut berbentuk program bantuan dana pendidikan yang diperuntukkan bagi siswa dan mahasiswa yang bertujuan untuk membantu anak muallaf mendapatkan pendidikan yang layak dan guna melahirkan SDM yang bermutu. Pendistribusian zakat ini melalui beberapa proses yakni proses perencanaan, pelaksanaan, dan pendistribusian. Realisasi zakat yang diperuntukkan bagi muallaf tercermin pada besaran dana yang telah disalurkan kepada muallaf, realisasi dana berbentuk bantuan biaya pendidikan termasuk SPP bagi anak muallaf. Dana yang digunakan untuk program terserbut bersumber dari zakat perorangan, zakat badan lembaga, dan PAD. Penilaian tingkat keberhasilan pendidikan muallaf dapat dinilai dengan adanya indikator-indikator yang menentukan sejauh mana tingkat keberhasilan. Adapun indikator-indikatornya yakni meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan prestasi siswa, terbentuknya akhlakul karimah yang baik, meningkatkan pengetahuan siswa tentang ajaran agama Islam, dan meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Eldi Koldia Br Lase Eldi
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:39
Last Modified: 28 Dec 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item
View Item