Analisis Survey Lingkungan Belajar Di Min 39 Aceh Besar

Nurnada Anggraini, 180209078 (2023) Analisis Survey Lingkungan Belajar Di Min 39 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Survey Lingkungan Belajar] Text (Analisis Survey Lingkungan Belajar)
Nurnada Anggraini, 180209078, FTK, PGMI, 085330385765.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan belajar siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Lingkungan belajar siswa yang baik akan menciptakan kenyamanan aktivitas siswa dalam setiap proses pembelajaran. Survey lingkungan belajar diperlukan untuk mengukur mutu input dan proses pembelajaran dikelas dan di satuan pendidikan sesuai dengan lingkungan belajar yang di maksud dalam Asesmen Nasional. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana lingkungan belajar siswa MIN 39 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh objek menjadi responden dalam penelitian. Lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dan seluruh ruang kelas MIN 39 Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis lingkungan belajar di sekolah berdasarkan hasil survey diketahui bahwa guru berhasil menciptakan suasana kelas yang kondusif siswa tidak merasa jenuh dan bosan, penaatan ruang kelas yang baik ditambah lagi dengan penambahan sarana dan prasaran. Berdasarkan survey lingkungan keluarga siswa MIN 39 Aceh Besar masih terasa kurangnya perhatian keluarga khususnya orang tua dalam mendorong pembelajaran siswa di luar sekolah. Siswa masih kurang terdidik seperti adanya siswa yang malas-malasan seperti menghabiskan waktu untuk menonton tv, tidak menuruti perintah orang tua untuk belajar dan banyak bermain di luar rumah. Berdasarkan survey lingkungan masyarakat siswa MIN 39 Aceh Besar masih kurang mendukung. Masih terdapat siswa yang yang tidak disiplin dan tidak adanya pengawasan. Siswa kurang memiliki perhatian orang tua dan cenderung berprilaku nakal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurnada Anggraini Nada
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:05
Last Modified: 29 Dec 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34297

Actions (login required)

View Item
View Item