Akuntabilitas Sosial Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Meugiet Kayee Panyang Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya

Birratul Walidaini, 190404006 (2023) Akuntabilitas Sosial Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Meugiet Kayee Panyang Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Akuntabilitas Sosial Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Meugiet Kayee Panyang Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya] Text (Akuntabilitas Sosial Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Meugiet Kayee Panyang Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya)
Birratul Walidaini, 190404006, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Akuntabilitas sosial pada pemerintah Gampong sangat penting dikembangkan karena implementasi konsep ini dapat membantu memperkuat hubungan antara rakyat dengan pemerintah Gampong Meugit Kayee Panyang kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat bagaimana penggunaan anggaran di Gampong Meugit Kayee Panyang, dan (2) untuk melihat bagaimana penerapan akuntabilitas sosial pemanfaatan dana Gampong Meugit Kayee Panyang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan anggaran Gampong Meugit Kayee Panyang sejauh ini sudah terlaksanakan dengan baik hal ini di tandai dengan berjalannya anggaran setiap tahun dengan lancar, sehingga dengan pengelolaan anggaran yang baik dapat mensejahterakan masyarakat. Penerapan akuntabilitas sosial pemanfaatan dana desa di Gampong Meugit Kayee Panyang dapat dikatan berjalan dengan baik, dilihat dari bagaimana masyarakat berpartisipasi mengontrol aparat Gampong dalam penggunaan dana Gampong yang transparan dengan informasi-informasi yang di bagikan berupa lisan dan tulisan. Partisipasi masyarakat dan tanggungjawab aparat Gampong adalah awal keberhasilan sebuah gampong karna itu transparansi sangat penting dalam pengembangan sebuah gampong karena memungkinkan masyarakat mengakses informasi tentang kebijakan, proses, dan pencapaian pemerintah juga informasi yang diperlukan untuk kepentingan masyarakat gampong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Birratul Walidaini
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:53
Last Modified: 29 Dec 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34298

Actions (login required)

View Item
View Item