Hubungan Prasangka Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Gayo Yang Kuliah di Banda Aceh

Agusri Wahyudin, 180901004 (2023) Hubungan Prasangka Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Gayo Yang Kuliah di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Prasangka Sosial, Penyesuaian Diri, Mahasiswa Gayo] Text (Prasangka Sosial, Penyesuaian Diri, Mahasiswa Gayo)
Agusri Wahyudin, 180901004, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prasangka sosial dengan penyesuaian diri pada mahasiswa Gayo yang kuliah di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Gayo (asal bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues) yang kuliah di Banda Aceh yang jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik Accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang . instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prasangka sosial dan penyesuaian diri. Berdasarkan hasil koefisien korelasi (r) sebesar -0,408 dengan nilai signifikansi (p)= 0,000 yang artinya hipotesis penelitian ini diterima dan menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara prasangka sosial dengan penyesuaian diri pada mahasiswa Gayo yang kuliah di Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa prasangka sosial memiliki sumbangan efektif sebesar 14,7% dan 85.3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Agusri Wahyudin Wahyu
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:24
Last Modified: 29 Dec 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34299

Actions (login required)

View Item
View Item