Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Akhir AKM Bidang Numerasi Di MIN 39 Aceh Besar

Zaitun Ummaira, 180209083 (2023) Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Akhir AKM Bidang Numerasi Di MIN 39 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Akhir] Text (Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Akhir)
Zaitun Ummaira, 180209083, FTK, PGMI, 081265012221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Asesmen nasional merupakan rancangan pendidikan untuk mengembangkan pengalaman belajar siswa dan mendapatkan wawasan yang berhubungan dengan kurikulum, program pembelajarannya dan kebijakan sekolah. Penelitian ini difokuskan terhadap asesmen kompetisi minimum (AKM). Penelitian ini dilakukan di sekolah MIN 39 Aceh Besar, tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan guru dan strategi guru yang dimiliki agar memaksimalkan hasil kesiapan peserta didik dalam mengikuti ujian akhir (AKM) bidang numerasi. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan berdesain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V MIN 39 Aceh Besar. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa guru sudah menerapkan asesmen kompetensi minimum (AKM) di bidang numerasi di MIN 39 Aceh Besar sejak 2021. Dapat dilihat dari hasil kesiapan guru dengan merancang dan memisahkan RPP Literasi dan Numerasi. Hasil dari analisis Strategi guru adalah dengan memberikan soal tanya jawab pada awal pertemuan mengenai materi yang lalu ataupun yang akan dipelajari dan guru juga memberikan soal- soal AKM tetang materi numerasi di pertengahan pembelajaran, serta sering membahas dan melatih soal yang ada di buku AKM. Dengan demikian guru sudah siap untuk menghadapi ujian AKM baik secara fisik, mental dan emosional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zaitun Ummaira Zaitun
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:06
Last Modified: 29 Dec 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34301

Actions (login required)

View Item
View Item