Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Sosial Di Gampong Bak Cirih Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar

Tasya Amanda, 190404035 (2023) Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Sosial Di Gampong Bak Cirih Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Sosial Di Gampong Bak Cirih Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar] Text (Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Sosial Di Gampong Bak Cirih Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar)
Tasya Amanda, 190404035, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang kurangnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial di Gampong Bak Cirih. Terdapat berbagai jenis kegiatan sosial yang dilakukan oleh masyarakat Gampong Bak Cirih yang dibagi menjadi tiga golongan, yaitu pemuda, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Kegiatan sosial tersebut mencakup kegiatan sosial lingkungan, kegiatan sosial keagamaan, dan kegiatan sosial kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial di Gampong Bak Cirih Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan program, pengambilan kemanfaatan, serta evaluasi dalam beberapa kegiatan sosial seperti kegiatan sosial lingkungan, kegiatan sosial keagamaan, dan kegiatan sosial kemanusiaan sudah menurun. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, antara lain faktor internal seperti usia, tanggungan keluarga, dan perbedaan pandangan yang dapat mempengaruhi sikap, perilaku, dan keterlibatan mereka dalam berbagai kegiatan sosial di lingkungan masyarakat. Selain itu juga terdapat faktor eksternal seperti peran pemerintah Gampong dan lingkungan sosial dan budaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tasya Amanda
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:59
Last Modified: 29 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34303

Actions (login required)

View Item
View Item