Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN 2 Aceh Besar dalam Menyelesaikan Soal Fisika ditinjau dari Gaya Berpikir Sternberg

Nisa Ul Husna, 170204041 (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN 2 Aceh Besar dalam Menyelesaikan Soal Fisika ditinjau dari Gaya Berpikir Sternberg. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN 2 Aceh Besar] Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN 2 Aceh Besar)
Nisa Ul Husna, 170204041, FTK, PFS, 085215530907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Pentingnya kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk berpikir rasional, membuat keputusan dan kesimpulan untuk memilih alternatif solusi terbaik serta mampu mencermati berbagai permasalahan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika ditinjau dari gaya berpikir yang dimiliki oleh setiap siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal fisika ditinjau dari gaya berpikir Sternberg pada materi gerak lurus di MTsN 2 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket gaya berpikir dan tes kemampuan berpiki kritis. Subjek penelitian ini adalah 3 kelompok siswa kelas VIII yang memiliki gaya berpikir legislatif, eksekutif dan yudisial. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal fisika ditinjau dari gaya berpikir Sternberg sebagai berikut; siswa gaya berpikir legislatif termasuk kategori tinggi dengan nilai rata -rata 77%; siswa gaya berpikir eksekutif, termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 53%; Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal fisika ditinjau dari gaya berpikir yudisial yaitu termasuk kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
700 Arts and Recreation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nisa Ul Husna
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:28
Last Modified: 29 Dec 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34312

Actions (login required)

View Item
View Item