Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh

Maghfirah, 160213036 (2021) Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh] Text (Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan diri adalah satu keyakinan yang dimiliki seseorang bahawa dirinya mampu berprilaku seperti yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diterapkannya bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu pendekatan (One Group Pretest-Posttest Design).Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Banda Aceh. Total sampel berjumlah 8 siswa yang dipilih purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Angket dan observasi. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket kepada siswa yang mengalami Kepercayaan diri yang rendah. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan persentase dan uji t (untuk dua sampel yang berpasangan).Hasil analisis data menunjukkan terdapat adanya peningkatan Kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diterapkan bimbingan kelompok yang ditujukan dari hasil uji hipotesis yaitu sig 0,03 <0,005, terdapat peningkatan penerapan kepercayaan diri siswa dengan bimbingan kelompok, sehingga ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Maghfirah Maghfirah
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:30
Last Modified: 29 Dec 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item
View Item