Pengembangan Kitab al-Alwan (Buku Warna) dan Penggunaannya untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Terhadap Materi Tarkib al-Alwan (Penelitian dan Pengembangan di Kelas I MTsN 10 Aceh Utara)

Khairul Baraah, 29173588 (2021) Pengembangan Kitab al-Alwan (Buku Warna) dan Penggunaannya untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Terhadap Materi Tarkib al-Alwan (Penelitian dan Pengembangan di Kelas I MTsN 10 Aceh Utara). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan  Kitab  al-Alwan] Text (Pengembangan Kitab al-Alwan)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Materi tentang warna merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Bahasa Arab Kelas I MTs dalam Kurikulum 2013. Dalam pembelajaran materi ini ditemukan bahwa buku/sumber belajar tidak banyak membantu proses belajar siswa karena kurangnya kualitas percetakan, dan beberapa siswa menggunakan buku fotocopy yang hanya berisi dua warna, yaitu hitam dan putih dan juga tidak ada media pembelajaran khusus untuk membantu guru dalam mengajarkan materi ini. Oleh karena itu, dan peneliti mengembangkan media pembelajaran baru yang dinamai Kitab al-Alwan (Buku Warna). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dan mengembangkan media pembelajaran baru yang dinamai Kitab al-Alwan (Buku Warna) untuk mempermudah siswa dalam memahami materi tentang warna. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Metode pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes tulis dan angket. Eksperimen Kitab al-Alwan (Buku Warna) dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik pada program “SPSS Statistic 16” dengan cara uji T-Test. Hasil percobaan menunjukkan bahwa taraf signifikansi (Sig. (2-tailed) 0,05 > 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya media pembelajaran Kitab al-Alwan (Buku Warna) efektif untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam memahami materi warna di kelas I MTsN 10 Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khairul Baraah Baraah
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:03
Last Modified: 29 Dec 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34318

Actions (login required)

View Item
View Item