Penggunaan Kartu Permainan Talk Or Dare Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 1 Aceh Singkil

Rahmayani, 190202197 (2023) Penggunaan Kartu Permainan Talk Or Dare Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 1 Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Kartu Permainan Talk Or Dare Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 1 Aceh Singkil] Text (Penggunaan Kartu Permainan Talk Or Dare Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 1 Aceh Singkil)
Rahmayani, 190202197, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama bahwa kemampuan siswa di MIN 1 Aceh Singkil lemah dalam keterampilan berbicara, sehingga siswa tidak mampu mengungkapkan kata-kata bahasa Arab. Peneliti juga memperhatikan bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dalam pengajaran bahasa Arab, dan media tersebut hanya terbatas pada buku cetak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan kartu permainan Talk Or Dare untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa dan untuk mengetahui aktivitas sekolah dan siswa yang menggunakan kartu permainan Talk Or Dare dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan Desain One. Peneliti menggunakan Desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN 1 Aceh Singkil yang berjumlah 39 orang. Sampelnya adalah siswa kelas lima (B) kelas ini berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh untuk ujian Pretest- Posttest tersebut diperoleh tingkat signifikansi (Sig -2 Tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05, sehingga kartu permainan Talk Or Dare efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Hasil yang diperoleh dari aktivitas guru dan siswa saat mengajar dengan menggunakan kartu permainan Talk Or Dare sangat baik, Hasil yang diperoleh dari observasi guru adalah 93,7% dan hasil yang diperoleh dari observasi siswa adalah 94,4%. Perkiraan tersebut menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa saat menggunakan kartu permainan Talk Or Dare sempurna terhadap pembelajaran keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rahmayani Rahmayani
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:49
Last Modified: 02 Jan 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34330

Actions (login required)

View Item
View Item