Implementasi Prinsip Syariah Dalam Akad Pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Aceh Syariah)

Zulkarnaini, 190603381 (2023) Implementasi Prinsip Syariah Dalam Akad Pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Aceh Syariah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembiayaan musyarakah mutanaqishah, fatwa MUI, Kesesuaian MMQ] Text (Pembiayaan musyarakah mutanaqishah, fatwa MUI, Kesesuaian MMQ)
Zulkarnaini, 160603381, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Implementasi merupkan proses penerapan dalam pelaksanaan rencana yang telah disusun dengan rinci. Melihat penerapan praktik akad pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah pada Bank Aceh secara umum sudah sesuai dengan fatwa maupun prinsip syariah, secara keseluruhan pelaksanan akad pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah di Bank Syariah sudah sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN-MUI No.73/DSN-MUI/XI/2008 tentang Musyarakah Mutanaqishah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah pada Bank Aceh Syariah Cabang Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan atau field research. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi akad Musyarakah Mutanaqishah di Bank Aceh Cabang Sigli dinyatakan sudah sepenuhnya menerapkan akad Musyarakah Mutanaqishah sesuai dengan prinsip syariah dan fatwa tentang Musyarakah Mutanaqishah. Dalam fatwa DSN MUI menjelaskan bahwa setiap pihak memberikan kontribusi dana/modal, memperoleh keuntungan berdasarkan nisbah yang disepakati pada saat akad. Menanggung kerugian sesuai proporsi modal. Hal tersebut benar telah dilakukan oleh Bank Aceh Cabang Sigli.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Zulkarnaini Zul
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:05
Last Modified: 02 Jan 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34337

Actions (login required)

View Item
View Item