Pemanfaatan Laboratorium IPA Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Organisasi Tingkat Sel di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan.

Shanti Wardila, 190207025 (2023) Pemanfaatan Laboratorium IPA Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Organisasi Tingkat Sel di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Laboratorium  IPA,  Organisasi  Tingkat  Sel,  Keterampilan  Proses Sains.] Text (Laboratorium IPA, Organisasi Tingkat Sel, Keterampilan Proses Sains.)
Shanti Wardila, 190207025, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pemanfaatan laboratorium IPA yang baik apabila laboratorium digunakan dengan semaksimal mungkin untuk menunjang proses belajar mengajar, namun di SMAN 1 Meukek laboratoriumnya masih kurang maksimal digunakan untuk proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil keterampilan proses sains siswa di laboratorium IPA pada materi organisasi tingkat sel di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan populasinya siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Meukek, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA3 berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi sedangkan teknik analisis keterampilan proses sains siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa yang dilakukan di laboratorium diperoleh hasil keseluruhan nilai 88,07% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa praktikum yang menggunakan laboratorium pada materi organisasi tingkat sel dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Shanti Wardila Shanti
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:48
Last Modified: 03 Jan 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34345

Actions (login required)

View Item
View Item