Status Gizi Siswa Di Madrasah Ulumul Qur`an Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan

Jihan Nabila, 190207027 (2023) Status Gizi Siswa Di Madrasah Ulumul Qur`an Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gizi dan Kesehatan, Siswa Madrasah Ulumul Qur’an, Status Gizi.] Text (Gizi dan Kesehatan, Siswa Madrasah Ulumul Qur’an, Status Gizi.)
Jihan Nabila, 190207027, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pola makan yang kurang baik dan berat badan serta tinggi badan yang tidak sesuai dapat menyebabkan status gizi kurang/lebih pada remaja. Materi status gizi dan cara penilaian status gizi diperlukan oleh mahasiswa untuk referensi tambahan di mata kuliah Gizi dan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji status gizi siswa di Madrasah Ulumul Qur’an Pidie, menganalisis kelayakan media e-modul yang dihasilkan, serta menganalisis respon mahasiswa terkait e-modul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer untuk melihat status gizi siswa di Madrasah Ulumul Qur’an Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5 siswa termasuk dalam kategori status gizi kurang (thinness) dengan 10,64%. Sebanyak 23 siswa termasuk dalam kategori status gizi (normal) dengan 48,94%. Sebanyak 11 siswa termasuk dalam kategori status gizi lebih (overweight) dengan 23,40%. Sebanyak 8 siswa termasuk dalam kategori status obesitas (obese) dengan 17,02%. Persentase keseluruhan uji kelayakan media e-modul memperoleh 83% dengan kategori sangat layak. Hasil respon mahasiswa terhadap media e-modul status gizi dan metode penilaiannya memperoleh hasil 90% dengan kategori sangat layak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media berupa e-modul terkait status gizi dan metode penilaiannya sangat layak untuk digunakan sebagai referensi mata kuliah Gizi dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Jihan Nabila Jihan
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:48
Last Modified: 03 Jan 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34347

Actions (login required)

View Item
View Item