Efektivitas Penggunaan Google Scholar Sebagai Media Temu Balik Informasi Mahasiswa Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan

Maya Lestari, 190503315 (2024) Efektivitas Penggunaan Google Scholar Sebagai Media Temu Balik Informasi Mahasiswa Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Google Scholar Sebagai Media Temu Balik Informasi Mahasiswa Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan] Text (Efektivitas Penggunaan Google Scholar Sebagai Media Temu Balik Informasi Mahasiswa Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan)
Maya Lestari, 190503315, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Google Scholar Sebagai Media Temu Balik Informasi Mahasiswa Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan” Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemudahan penggunaan google scholar dalam menelusuri artikel sebagai media temu balik informasi, tingkat kecepatan untuk memperoleh data bagi pengguna google scholar sebagai media temu balik informasi, dan tingkat kelengkapan dokumen yang bisa didownload bagi pengguna google scholar sebagai media temu balik informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa akhir ilmu perpustakaan UIN Ar-Raniry Angkatan 2017 yang aktif berjumlah 54 mahasiswa. Sedangkan sampel setelah disederhanakan dengan menggunakan rumus solvin berjumlah sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Insedental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolahan nilai dari penggunaan google scholar berdasarkan indikator yang telah ditetapkan dinyatakan efetifitas karena pada indiaktor pertama intensi (keinginan) pengguna angket nomor 1 memperoleh nilai 82,28% dan nomor 2 persentase yang diperoleh dalam sub angket tersebut yaitu 76,57%. Pada indikator kedua tentang kepuasan pengguna pada kuesioner nomor 3 persentase yang diperoleh 72% dan pertanyaan nomor 4 persentase yang diperoleh 68% sedangkan pertanyaan nomor 5 diperoleh persentase 66,85%. Pada indikator ketiga ketiga tentang kesesuaiaan dengan kebutuhan pengguna diperoleh persentase nilai pada sub angket tersebut sebesar 71,42%. Dapat dipahami penggunaan google scholar sebagai media temu balik informasi mahasiswa akhir prodi ilmu perpustakaan dinyatakan efektif karena nilai rata-rata yang diperoleh 72,85% yakni berada pada rentang 60% - 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Maya Lestari
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:43
Last Modified: 03 Jan 2024 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34348

Actions (login required)

View Item
View Item